Ketika memilih sebuah kaos, memutuskan bahan yang tepat bisa sama penting nya dengan membuat desain. Kami selalu percaya bahwa kaos harus terasa sama baiknya dengan yang terlihat. Itu sebabnya kami meluangkan waktu ekstra untuk menjelaskan pro dan kontra dari setiap kain. Sehingga anda dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara kenyamanan, kesesuaian,dan kemampuan mencuci untuk proyek sablon anda.

Katun
Bahan : serat alami lembut yang ditemukan di sebagian besar kaos
Kapas merupakan bahan yang paling umum di temukan di kaos. Ini memiliki perpaduan yang bagus antara kelembutan,keterjangkauan, dan kemudahan bernapas untuk pakaian kasual.
Kapas juga memiliki berbagai jenis, seperti kapas sisir, kapas organik. Salah satu kelemahan terbesar kapas adalah menyusut setelah pencucian pertama.

Bila anda menyebutkan “ingin bahan katun” tanpa secara spesifik menentukan rajutan yang diinginkan, maka sulit menentukan seperti apa katun yang dibutuhkan karena bahan ini sangat luas penerapannya. Dari kapas yang sama dapat dibuat berbagai rajutan kain seperti lacoste, combed, doube knitting, singgle knitting dan seterusnya. Umumnya untuk pakaian TShirt yang digunakan adalah cotton combed (katun combed) atau Poloshirt dengan serat lacoste combed.

Contoh bahan katun combed. Biasa digunakan pada TShirt

Linen
Material ini sedikit lebih kasar dari kapas dan terbuat dari tanaman rami, linen bukan bahan yang biasa di gunakan di kaos, dan lebih sering di temukan di jaket dan lapisan luar. Kain ini lebih mudah kusut. Linen adalah bahan yang sangat ringan dan lebih cenderung cepat kering, jadi itu pilihan yang baik untuk pakaian musim panas.

Salah satu contoh umum dalam penggunakan serat linen. Terlihat serat dan warna yang tidak homogen.

Polyester
Poliester adalah serat sintetis buatan manusia. Bahan ini adalah pilihan utama bagi banyak orang yang mencari pakaian olahraga.
Bahan ini cepat kering, memudahkan kulit bernapas dan tidak mudah kusut saat dicuci.
Meskipun ini pilihan yang baik untuk pakaian atletik,poliester biasanya tidak senyaman bahan katun atau linen. Umumnya dipakai untuk pakaian olahraga seperti Dri-Fit.

Polyester umumnya mengkilap dan memberikan kesan lux.

Rayon
Bahan : bahan buatan manusia dari campuran katun, dan tanaman kayu
Kain ini pertama kali dibuat sebagai versi sutra yang lebih murah, dan memiliki rasa yang sangat halus. Seperti polyster, rayon adalah bahan yang baik untuk pakaian athletic dan pakaian outdoor karna rasanya yang ringan. Salah satu kelemahan rayon adalah bahwa ia tidak dapat bertahan lama dan dapat menjadi kusut dengan pemaikaian berulang.

Contoh serat rayon. Mirip bahan celana olahraga? Memang demikian adanya 🙂

Poly/campuran katun
Bahan : biasanya campuran 50/50 polyster dan katun,
Tetapi dapat bervariasi rasio 65/35 juga
Poli/ katun menggabungkan kualitas terbaik dari polyster dan katun menjadi kemeja yang lembut namun nyaman. Jenis kain ini telah terbukti menjadi favorit banyak pelanggan karna sangat lembut tetapi lebih murah dari 100% katun. Campuran poli/ katun juga cenderung menahan bentuknya dengan baik di bandingkan kain lainnya.

Tiga campuran

Bahan : campuran dari tiga kain, paling khas katun, polyster dan rayon
Tiga campuran ini persis seperti yang anda duga : hybrid dari tiga kain berbeda yang digabungkan .
Keuntungan hybrid adalah dapat mengadopsi beberapa kualitas terbaik dari kain lain seperti rasa rayon yang ringan tetapi kelembutan yang seperti rasa katun.
Jika pertanyaannya adalah bahan mana yang paling sesuai untuk anda, maka anda sendiri yang harus menjawabnya. Tidak ada bahan yang lebih baik dibanding lainnya, hanya sesuaikan dengan kebutuhan kaos yang hendak anda buat.
Synergy Promotion telah berpengalaman lebih dari 8 tahun dalam memproduksi sendiri setiap jenis pakaian baik Tshirt, Polo Shirt atau pun kemeja. Hubungi kami bila anda membutuhkan panduan lebih lanjut dalam produksi pakaian promosi anda.

Kain dengan motif sarung ini salah satu contoh penerapan serat campuran. Tanpa adanya polyester, warna pada kain tidak akan “keluar” mencolok.

Pin It on Pinterest

Shares